Tutorial Emulator PS2

Posted on

Play Station 2 (PS2) dengan perbaikan grafis yang lebih baik dari pada generasi sebelumnya PS1 menjadikan mesin konsole terbaik sekitar tahun 2002-2008. Hingga rental PS2 menjamur di mana-mana. Apalagi kalau sedang bermain Winning Eleven,adalah kegiatan yang sangat efektif untuk membunuh waktu dan rasa bosan.Waktu berjam-jam habis untuk bermain game sepak bola ini.

Pada tulisan kali ini, lagi-lagi saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara memainkan PS2 di komputer. Sekali lagi kita akan menggunakan emulator. Untuk emulator PS2 ini anda dapat mendownloadnya  di link berikut ini

http://code.google.com/p/pcsx2/downloads/detail?name=pcsx2-0.9.8-r4600-setup.exe&can=2&q=

Pada tutorial ini saya menggunakan pcsx2 versi  0.9.8. Bagi anda pengguna operating system Windows, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengupdate directX anda dengan versi yang terbaru. Untuk mengupdate, anda dapat melihat pada link berikut ini.

http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?id=35

Setelah anda selesai mendownload emulator dan update directX. Langsung saja buka emulator pcsx2. Akan tampak jendela seperti pada gambar berikut ini

Pengaturan pertama adalah BIOS dan Plugins. Klik “config”, pilih “plugin/bios selector” lalu klik pada tab BIOS dan lakukan pengaturan sebagai berikut

Anda dapat mencari BIOS versi terbaru dengan  menggunakan google.

Kemudian lakukan setting plugins seperti pada gambar berikut

Lakukan pengaturan GS plugins seperti tampak pada gambar berikut ini

Selanjutnya adalah pengaturan pad joystick. Klik configure pada kolom PAD, lalu pilih tab pada pad 1. Masukkan fungsi tombol-tombol joy stick satu per satu seperti pada gambar berikut ini.

Untuk plugins yang lainnya, sebaiknya biarkan dalam kondisi default. Setelah itu settings video gs dengan mengklik “config”, sorot pada “video (GS)” lalu pilih “core (GS) settings” dan lakukan pengaturan seperti pada gambar berikut ini.

Lalu pilih pada tab “GS Windows”, dan lakukan pengaturan seperti pada gambar berikut

Untuk yang lainnya biarkan dalam kondisi default. Anda dapat memainkan game PS 2 dengan menggunakan file image (tanpa keping DVD PS2). Cara membuat file image, telah saya jelaskan pada posting sebelumnya. File image yang dibuat berformat .iso.

Setelah anda membuat file iso, klik CDDVD, pilih ISO selector, browse, dan pilih file iso yang telah anda buat. Klik system, klik boot CDDVD (fast).

Berikut ini gambar demo Winning Eleven

2 thoughts on “Tutorial Emulator PS2

    diery said:
    Juni 24, 2012 pukul 4:48 pm

    kenapa minta direx…qu bingung…?? tolong gan kasih solusiny

      anggapradana responded:
      Juni 25, 2012 pukul 5:43 pm

      dari pengalaman : kalau sudah menggunakan windows 7, tidak perlu lagi menginstal directX. Cukup emulatornya saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s