Emulator PS1 Praktis

Posted on Updated on

Bermain game PS1 memang mengasyikkan, khususnya bagi “remaja-remaja” kelahiran tahun 90an seperti saya ini. Mesin konsole yang booming pada tahun 2000an ini menyingkirkan mesin video game sebelumnya seperti nintendo,SEGA, ataupun SPICA. Seiring berjalannya waktu, mesin konsole yang dilengkapi dengan CD ROM ini rentan sekali rusak. Apalagi kalau kita sering gonta-ganti kaset CD. Seperti sudah terjadwal, mesin PS1 umumnya mulai “ngadat” ditahun ketiga (sangat mustahil apabila bisa bertahan hingga 5-10 tahun) kecuali apabila sudah diservis untuk mengganti dengan optik yang baru. Lagi pula, bermain PS1 menggunakan mesin konsolnya sangat tidak praktis. Minimal kita masih butuh 1 set TV. Maka jalan satu-satunya adalah bermain PS1 di komputer (PC atau laptop) dengan menggunakan program emulatorPS1. Pada pembahasan lainnya diblog ini saya menggunakan emulator bernama psx. Namun ada emulator yang lebih praktis yaitu psxfin. Anda dapat mengunduhnya pada link berikut ini

http://www.ziddu.com/download/15885150/psxfin1.13.rar.html

Setelah anda selesai mengunduhnya, maka ekstrak file berformat rar tersebut. Kemudian buka file bernama psxfin.exe. Sebagai informasi saja, psxfin yang anda download adalah yang versi 1.13. Setelah anda buka file yang dimaksud maka akan muncul tampilan logo PS1

Pada emulator seri ini, anda tidak perlu repot-repot mengkonfigurasi video,sound,dan lainnya seperti menggunakan emulator psx. Yang anda perlukan hanya mengatur  kontroler. Berikut ini caranya:

Klik file,lalu pilih configuration, pilih tab controller, anda akan melihat 2 port untuk kontroler (main 2 player) yaitu port 1 dan port 2. Atur masing-masing port, missal port 1 (beri tanda titik pada combo box). Misalkan kita akan bermain menggunakan keyboard sebagai “stick” controlernya, maka masukkan fungsi masing-masing tombol standart yang terdapat pada joy stick seperti yang anda kenal, seperti atas,bawah,kanan,kiri,R1,R2,kotak,segitiga,silang, (logo sudah tampak pada emulator ) dan lain-lain dengan menggunakan tombol-tombol pada keyboard satu per satu. Misal fungsi tanda silang kita ganti dengan tombol “C” pada keyboard, tombol kotak kita ganti tombol “D”, tombol R1 dengan tombol “P”, dan seterusnya sesuai selera anda. Pengaturan yang sama juga berlaku untuk port 2. Apabila semuanya sudah diatur, klik OK.

Anda bisa bermain menggunakan joy stick, namun tentu saja anda harus membeli joy stick untuk PC. BIasanya dibendrol dengan harga sekitar Rp50000 di sentra-sentra penjualan aksesoris computer. Interface/tampilan tombol dari joy stick ini identik sekali dengan joy stick PS. Yang berbeda adalah joy stick PC support dengan USB. Namun apabila anda punya “sisa” joy stick PS1 atau PS 2 anda dapat menggunakannya, tapi anda harus membeli konverternya dahulu agar joy stick PS anda support dengan USB. Setelah anda tancapkan joy stick ke USB, tunggu beberapa saat hingga driver dari joy stick telah terinstall dengan baik. Lalu buka emulator, klik file – configuration – controller – dan masukkan fungsi-fungsi tombol joy stick anda sesuai dengan logo yang tertera pada layar monitor anda, setelah selesai diinput semua, klik OK.

Masukkan CD PS1 yang anda miliki, setelah itu klik file, pilih insert CD Drive, dan pilih direktori dari CD/DVD ROM anda. Maka anda pun dapat bernostalgia bermain PS1.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s